Membuat Sendiri Masker Mentimun

Masker Mentimun
Ada banyak cara yang ditempuh oleh para wanita agar tetap cantik sepanjang waktu. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah agar wajah tampak lebih segar dan bercahaya. Jika Anda salah satu dari sekian banyak wanita yang sangat suka menggunakan masker, masker mentimun buatan sendiri mungkin menjadi salah satu alternatif yang pantas untuk dipertimbangkan. Masker mentimun selain alami dan relatif aman dari efek samping, juga harganya sangat terjangkau dan mudah untuk dibuat.

Ingin tahu bagaimana cara membuat masker mentimun sendiri? Berikut ini dua resep sederhana yang bisa Anda terapkan di rumah :
Masker Mentimun dan Yogurt 
Kombinasi antara mentimun dan yogurt mampu membuat efek relax pada wajah dan juga menghilangkan sel kulit mati yang menempel. Masker ini cocok untuk semua jenis kulit. Jika dilakukan secara rutin, masker mentimun dan yogurt dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah, memperkecil pori-pori, serta menghilangkan noda kusam di wajah. 
Cara membuatnya :
  1. Pilih mentimun besar kemudian kupas dan hilangkan bijinya. Biji dan kulit mentimun sebenarnya tidak berbahaya bagi kulut, tetapi jika tidak dihilangkan akan mempersulit percampuran antara yogurt dan buah mentimun. Setelah dikupas, iris mentimun menjadi beberapa bagian.
  2. Pilih yogurt tanpa gula dan tawar (tanpa rasa). Sebisa mungkin untuk memilih yogurt yang sama sekali belum diolah. Campurkan yogurt yang telah dipilih tersebut ke dalam setengah gelas mentimun cincang yang sudah disiapkan.
  3. Haluskan dalam food processor atau blender hingga menyerupai saos tomat. Jika terlalu encer tambahkan potongan mentimun, dan jika terlalu kental tambahkan sedikit yogurt.
  4. Tambahkan satu sendok teh susu bubuk rendah lemak kemudian aduk hingga rata.
  5. Oleskan masker mentimun ke seluruh bagian wajah dan leher. Sebisa mungkin hindarkan pada daerah mata. Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Masker Mentimun dan Wortel

Masker mentimun dan wortel dapat dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Masker ini umunya digunakan untuk memutihkan kulit, mengurangi munculnya keriput akibat penuaan, dan menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit.

Cara membuatnya :

  1. Tambahkan satu cangkir krim segar ke dalam mangkuk berukuran sedang. Aduk sebentar hingga krim mengembang sebelum memasukkan bahan lainnya.
  2. Tambahkan 2-4 sendok makan jus wortel ke dalam krim kemudian aduk lagi hingga keduanya berbaur. Menggunakan lebih atau kurang tergantung pada ketebalan. Banyaknya jus wortel disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang diinginkan. Upayakan agar tidak terlalu encer.
  3. Hancurkan kurang lebih setengah gelas timun yang sudak dikupas dan dihilangkan bijinya. Setelah itu campurkan ke dalam larutan krim dan jus wortel yang sudah diaduk tadi. Timun tidak perlu dihaluskan hingga menjadi bubur. Cukup dicincang saja hingga menjadi potongan yang tidak terlalu halus.
  4. Tambahkan satu buah kuning telur jika sedang mempersiapkan masker untuk kulit kering atau putih telur dari satu buah telur yang sudah kocok jika menyiapkan masker untuk kulit berminyak. Kocok secara menyeluruh hingga telur menyatu dengan krim.
  5. Untuk menggunakannya, oleskan masker ke kulit wajah dengan menggunakan tangan. Diamkan sekitar 15 sampai 20 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat dan kain lap.

Mudah bukan cara membuat sendiri masker mentimun? Meskipun alami, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yakni sebisa mungkin jangan menyimpan masker ini terlalu lama. Karena bahannya alami tanpa bahan pengawet buatan, jenis masker ini umumnya sangat mudah rusak. Gunakan segera setelah masker mentimun dibuat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat menggunakan masker secara rutin setidaknya sekali dalam seminggu.