Manfaat Masker Mentimun

Manfaat Masker Mentimun
Kecantikan kulit wajah akan memancarkan energi yang positif dari dalam diri seseorang. Ada beragam cara yang dilakukan wanita untuk mendapatkan kulit yang sehat. Mulai dari yang alami sampai yang berbau kimia. Salah satu resep alami menjaga kecantikan wajah adalah dengan rutin menggunakan masker mentimun. Buah sayuran ini dikenal mengandung senyawa yang baik untuk kulit. Karenanya tidak heran jika manfaat masker mentimun terasa begitu nyata.

Sebelum mengurai manfaat masker mentimun untuk wajah, berikut akan diuraikan beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah mentimun. Pada umumnya, mentimun terdiri dari 90% air. Hal inilah yang menjadikan mentimun sering dijadikan makanan penyegar tubuh. Mentimun mengandung beberapa mineral penting dan juga berbagai vitamin antara lain A, B2, dan C. Ketiga vitamin ini dikenal bisa melemahkan melanin gelap. Sehingga wajar jika kemudian mentimun dikenal ampuh melawan lingkar mata yang gelap.


Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa mentimun mampu melumpuhkan melanin penyebab warna gelap pada kulit. Dengan demikian, masker mentimun juga ampuh untuk mencerahkan kulit wajah jika dipakai secara teratur. Selain itu, manfaat masker mentimun lainnya adalah untuk melembabkan serta mengencangkan kulit wajah. Vitamin C berlebihnya juga dikenal mampu meringkas pori-pori sehingga wajah Anda akan terasa halus dan terlihat lembut.

Resep Masker Mentimun


Sebenarnya, di toko kosmetik dengan mudah kita bisa mendapatkan masker mentimun kemasan. Tetapi, jika Anda lebih percaya pada tangan-tangan alam, meracik masker mentimun Anda sendiri adalah pilihan yang bijak. Ada banyak resep masker berbahan mentimun. Resep yang paling sederhana adalah dengan melumatkan daging buah mentimun dan mengaplikasikan airnya di wajah. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Resep masker sederhana ini sebenarnya sudah cukup baik. Tetapi jika Anda menginginkan manfaat masker mentimun yang lebih baik, tak ada salahnya mencampurkan mentimun dengan bahan bermanfaat lainnya. Berikut contoh resep masker yang bisa Anda racik.

Resep Pertama

  • Blender mentimun yang telah diiris sampai lembek. Saring mentimun blender tersebut dan kumpulkan cairannya dalam mangkuk.
  • Tambahkan 1 sdt. perasan lemon yang juga memiliki efek lembut pada kulit.
  • Tambahkan 1 butir putih telur yang sudah dikocok dan aduk bahan hingga merata.
  • Oleskan campuran ke wajah dan leher, kecuali mata. Biarkan selama 15 sampai 25 menit dan bilas dengan air hangat.
Resep Kedua
  • Campur ½ mentimun yang telah dipotong dengan 1 sdt. mint, 1 sdm. jus lemon, dan 1 butir putih telur.
  • Blender semua bahan hingga halus kemudian dinginkan dalam lemari es selama 10 menit.
  • Oleskan ke wajah dan leher dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin.
Masih ada banyak resep lainnya untuk memaksimalkan manfaat masker mentimun. Racikannya tergantung pada kebutuhan Anda tentunya. Karena itu, memahami manfaat bahan tambahan lainnya merupakan poin plus. Jangan lupa pula, untuk mendapatkan hasil yang nyata, Anda harus telaten dan bersabar sebab bahan alami memang bekerja lebih lambat dari pada bahan kimia. Meski lambat, bahan alami jauh lebih aman ketimbang bahan kimia.