Manfaat Mentimun untuk Kecantikan

Manfaat Mentimun untuk Kecantikan
Buah mentimun, atau yang juga lazim disebut ketimun, digolongkan ke dalam suku labu-labuan. Nama latin mentimun adalah Cucumis Sativus L. Meski berlabel buah, tetapi pada hakekatnya mentimun sering dikonsumsi sebagai sayuran. Tanaman mentimun tumbuh dengan cara merambat dan dikelompokkan sebagai tanaman semusim sebab setelah berbunga dan berbuah, tanaman mentimun akan mati. Buah mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Tidak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkannya sebagai buah penyegar yang baik untuk menyehatkan ginjal. Selain berkhasiat untuk kesehatan, ternyata manfaat mentimun untuk kecantikan juga cukup beragam! Berikut ini beberapa manfaat mentimun untuk kecantikan :

  • Pengusir Mata Panda
Salah satu manfaat mentimun untuk kecantikan yang paling populer adalah mengusir mata lelah juga lingkar hitam di sekitar mata. Caranya cukup sederhana, Anda hanya membutuhkan dua irisan tipis mentimun segar yang ditempelkan di mata. Diamkan selama 15 menit. Ulangi langkah tersebut setiap hari sampai Anda melihat hasilnya. Selain mengusir mata panda, irisan mentimun juga bisa dipakai untuk mengusir jerawat. Caranya sama seperti pada mata lelah, cukup tempelkan irisan mentimun selama kurang lebih 15 menit sampai jerawat tersebut lenyap. Istimewanya, jerawat yang telah pergi tak akan meninggalkan jejak!
  • Menyuburkan Rambut
Manfaat lain dari mentimun adalah menyuburkan rambut. Dengan cara mengkonsumsi secara rutin buah mentimun segar, Anda akan terhindar dari resiko kebotakan sebab zat silica yang terdapat dalam mentimun berfungsi merangsang pertumbuhan rambut. Konsumsi mentimun dalam bentuk jus merupakan pilihan yang baik. Tambahkan bahan seperti wortel, selada, bayam atau wortel agar hasilnya semakin maksimal.
  • Menyempurnakan Kulit
Komponen terpenting bagi kecantikan adalah kulit. Tahukah Anda bahwa ternyata mentimun bermanfaat untuk kecantikan kulit? Buah segar ini berkhasiat mengencangkan kulit, menjadikannya halus dan juga segar. Cara menggunakannya pun sangat mudah dan praktis. Cukup aplikasikan mentimun dua kali sehari sebagai masker wajah. Bisa dengan cara dilumatkan atau cukup diiris tipis kemudian ditempelkan pada wajah. Mentimun mengandung zat seperti mangan, magnesium, kalium, silica, vitamin A, B dan C, serta masih banyak lagi lainnya. Kompleksnya zat yang terdapat dalam mentimun membuat buah yang satu ini baik untuk kulit.
  • Menyehatkan Kuku
Manfaat mentimun untuk kecantikan lainnya adalah merawat kesehatan kuku jari. Bagi mereka yang menginginkan kesempurnaan, tampilan kuku juga merupakan hal yang tak boleh diabaikan. Meski sepele, tetapi perawatan kuku ternyata memerlukan biaya khusus. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa memangkas biaya tersebut dengan cara rutin mengkonsumsi mentimun sebab bisa membuat kuku Anda sehat dan jauh dari kondisi pecah-pecah.
  • Merawat Gigi Juga Gusi
Hal lain yang wajib diperhatikan demi kesempurnaan tampilan adalah gigi juga gusi. Rasanya kulit yang cantik tak akan membuat Anda tampil menawan jika gigi Anda tidak terawat. Salah satu langkah paling murah untuk merawat kesehatan gigi dan gusi adalah dengan rutin mengkonsusmsi jus mentimun. Buah ini diketahui mampu merangsang produksi air liur dengan demikian kondisi asam juga basa di dalam rongga mulut bisa jauh lebih seimbang. Beragam manfaat mentimun untuk kecantikan sudah pasti membuat Anda semakin jatuh cinta pada buah sayur yang satu ini. Selamat berbelanja mentimun ya!