Menyingkap Manfaat Mentimun

Manfaat Mentimun
Mentimun atau yang dikenal dengan nama latin Cucumis sativusL.; merupakan tanaman merambat yang masih masuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah mentimun biasanya berwarna hijau dengan bentuk bulat lonjong yang umumnya dipetik ketika belum terlalu matang. Fungsi utama dari buah mentimun adalah dipergunakan sebagai bahan makanan. Mentimun dapat ditemukan pada berbagai hidangan dari seluruh dunia, kandungan airnya yang cukup banyak menjadikannya berfungsi sebagai penyejuk.  Ada banyak manfaat mentimun yang dapat kita manfaatkan.  Diketahui bahwa potongan mentimun dapat membantu melembabkan wajah, bahkan dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam setiap 100 gram mentimun, terkandung 12 kalori energi, 0,7 gr protein, 0,1 gr lemak, 2,7 gr karbohidrat, 10 mg kalsium, 21 mg fosfor, 0,3 mg besi, vitamin A, 8,0 mg vitamin C, dan 0,3 mg vitamin B.  Kandungan mineral yang terdapat dalam mentimun adalah potassium, magnesium, kalium, zat besi dan fosfor.  Karena kandungan-kandungan mineral inilah mengapa mentimun dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.  Manfaat mentimun lainnya adalah dapat membantu proses detoksifikasi. Kandungan airnya yang banyak dapat membantu memperlancar buang air kecil dan menetralkan toksin (racun).  Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.  Asam urat berlebih di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk pada persendian sehingga dapat mengakibatkan sakit radang sendi.  Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk pada saluran kemih dapat memicu terbentuknya batu ginjal.  Konsumsi mentimun dapat membantu meluruhkan kristal atau batu ginjal dan mencegah penumpukan racun.


Lalu apalagi manfaat dari mentimun ini? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut manfaat mentimun bagi kesehatan :
  • Perawatan kulit
Sari mentimun dapat digunakan sebagai masker yang dipercaya memiliki manfaat untuk membantu kulit agar tetap kencang dan terhindar dari keriput akibat penuaan dini. Kandungan sari mentimun yang terdiri dari Asam caffeic dan asam askorbat dapat membantu mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Selain itu, perawatan dengan mentimun terbukti secara efektif mampu mengurangi jerawat.
  • Meringankan Masalah Pencernaan
Mengkonsumsi jus mentimun dapat membantu meringankan berbagai penyakit yang terkait dengan pencernaan seperti gastritis keasaman, maag, bahkan tukak lambung.  Kandungan serat dalam mentimun dapat membantu meningkatkan proses pencernaan dan menghilangkan racun dari sistem pencernaan.
  • Kesehatan sendi
Silika dalam mentimun dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.
  • Mengatasi cacing pita
Apakah Anda sedang bermasalah dengan cacing pita? Pengobatan alami dengan menggunakan biji mentimun telah lama dipercaya mampu mengusir cacing pita pada usus.
  • Mengobati sakit gigi dan gusi
Jus mentimun juga dapat membantu mengobati penyakit mulut pada gigi dan gusi. Mengkonsumsi mentimun mentah dapat membantu meningkatkan produksi air liur, juga berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.
  • Suburkan rambut
Salah satu kandungan mentimun adalah silika.  Jus mentimun yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada dapat membantu menyuburkan rambut.
  • Obat Pelangsing
Karena kandungan kalorinya yang rendah, mentimun juga dapat dijadikan sebagai salah satu menu diet.  Asam malonat dalam mentimun dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.
   
Demikianlah sedikit ulasan mengenai manfaat mentimun bagi kesehatan, ternyata sehat itu tidak mahal.  Dengan memanfaatkan apa yang ada disekitar kita, termasuk mentimun yang kita kenal sebagai sayuran yang murah meriah, kita dapat mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan tentunya meningkatkan kesadaran kita untuk senantiasa melakukan kebiasaan hidup sehat.