Mengenal Kandungan Gizi Mentimun

kandungan gizi mentimun
Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, mentimun banyak dijumpai dimana-mana. Mentimun merupakan jenis sayur dan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan sejak dahulu. Rasanya yang segar dan sedikit manis menjadikan mentimun sebagai salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Rasanya segar dan juga renyah ketika digigit karena mengandung banyak air. Mentimun adalah buah yang kaya nutrisi. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lebih lengkap terkait dengan kandungan gizi mentimun:
  • Kalori Rendah
Kalori yang rendah menjadikan mentimun sangat baik untuk diet. Baik itu diet mengurangi berat badan, diet mencegah hipertensi, maupun diet mencegah diabetes, semuanya akan memberikan hasil yang baik jika Anda menambahkan buah mentimun ke dalam menu makan Anda.
  • Kalium Tinggi dan Sodium Rendah
Sodium dapat memancing terjadinya hipertensi dan memicu kolesterol. Sementara, kalium dapat menetralkan efek negatif dari sodium. Dengan kandungan kalium tinggi dan sodium rendah seperti ini, maka mentimun menjadi buah yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Antioksidan
Buah mentimun mengandung berbagai macam antioksidan, antara lain betakaroten, alfakaroten, vitamin C, vitamin A, zeaxanthin, dan luthein. Dengan adanya banyak antioksidan tersebut, mentimun dapat mencegah penuaan dini, kanker, dan berbagai bahaya radikal bebas lainnya. Mentimun juga bisa dijadikan masker wajah karena kandungan antioksidannya dapat merawat kecantikan wajah.
  • Vitamin K
Vitamin K sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan syaraf. Jika Anda sampai kekurangan vitamin K, tulang Anda akan lebih gampang mengalami pengeroposan dan osteoporosis. Selain itu, gigi juga akan menjadi lemah dan gampang tanggal. Kekurangan vitamin K juga dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit syaraf seperti Alzheimer. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi mentimun karena buah ini kaya akan vitamin K.
  • Silika
Mentimun juga kaya akan mineral silika. Mineral ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan persendian dan jaringan otot. Silika juga baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kuku Anda.

Selain kelima hal di atas, masih banyak lagi kandungan gizi mentimun yang patut untuk diketahui. Daftar di bawah ini akan menjelaskan secara lengkap tentang kandungan gizi mentimun :

Glukosa : 1,67 gram
Karbohidrat : 3,63 gram
Serat : 0,5 gram
Riboflavin (Vitamin B2) : 0,033 mg
Niacin (Vitamin B3) : 0,098 mg
Asam Pantothenic (Vitamin B5) : 0,259 mg
Thiamin (Vitamin B1) : 0,027 mg
Vitamin B6 : 0,040 mg
Lemak : 0,11 gram
Protein : 0,65 gm
Vitamin C : 2,8 mg
Asam Folat (Vitamin B9) : 7 μg
Zat besi : 0,28 mg
Calcium : 16 mg
Magnesium : 13 mg
Fosfor : 24 mg
Zinc : 0,20 mg
Potassium : 147 mg.

Bagaimana, lengkap bukan kandungan gizi mentimun? Tanpa kita sadari, ketika mengkonsumsi memtimun kita juga telah melengkapi sebagian besar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Jadi tunggu apa lagi? Segera konsumsi mentimun secara rutin setiap hari untuk mendapatkan segudang manfaatnya.